Pages

BIOGRAFI IBNU KHALDUN

Ibnu Khaldun, nama lengkapnya adalah Abu Zaid Abdur Rahman bin Muhammad bin Khaldun al-Hadrami. Sering dipanggil juga dengan waliyuddin. Ahli hukum, sejarawan, filsuf, negarawan, sosiolog, dan ekonom. Bahkan, dia adalah bapak sosiologi (filsafat sejarah) dan pelopor ilmu ekonomi. Kepeloporanya dalam filsafat sejarah tak tertandingi, termasuk oleh Plato, Aristoteles dan Agustinus sekalipun (Robert Flint). Sejarawan Inggris, Arnold J. Toynbee, menyebut Muqadimmah Ibnu Khaldun sebagai karya terbesar dalam filsafat sejarah yang pernah di hasilkan oleh kecerdasan manusia disetiap waktu dan tempat. banyak karya Toynbee yang di ilhami oleh karya Ibnu Khaldun. Dalam ekonomi, teori-teorinya juga banyak yang yang jauh mendahului teori-teori Adam Smith dan Ricardo. Laffer, penasihat ekonomi Presiden Ronald Reagan, yang menemukan teori Laffer Curve, dengan terus terang mengaku telah mengambil konsep Ibnu Khaldun. Ibnu Khaldun mengajukan obat resesi ekonomi, yaitu memperkecil pajak dan meningkatkan ekspor pemerintah.

Dia lahir pada 27 Mei 1332/732 H di Tunisia dari keluarga Bani Khaldun yang banyak berkarir di bidang politik dan akademik. Pada abad ke-8 keluarga itu berasal dari hadhramaut, yaman, dan hijrah ke Seville bersamaan dengan penaklukan Islam awal. Pada abad ke-13, ketika Seville jatuh ke tangan pasukan Reconguista, keluarga ini pindah ke Tunisia.

Perjalanan hidup Ibnu Khaldun penuh petualangan. Sebentar mendekam di penjara, tiba-tiba di bebaskan dan diberikan kedudukan tinggi, namun tidak lama kemudian harus hidup dalam pengasingan.

Pernah pindah ke Fez, Granada, dan Telemcen untuk menduduki beberapa jabatan, tetapi menuai banyak fitnah dari pesaing-pesaingnya hingga memutuskan untuk kembali lagi ke Tunisia, dan terakhir hijrah ke Kairo dan disambut baik oleh penguasanya pada saat itu, yaitu Sultan azh-Zhahir Barquq.

Pernah mengajar di Mesjid Zaitunah di Tunisia, Masjid Qarawiyin di Fez, kemudian di Mesjid Al-Azhar dan Madrasah Azh-Zhariah di Kairo. Di akhir hidupnya, dia ditunjuk oleh sultan untuk menjadi Hakim Mazhab Maliki. Pernah di pecat kemudian di angkat lagi.

Pada 19 Maret 1406/808 H, Ibnu Khaldun meninggal secara mendadak dan di kuburkan di kompleks pemakaman sufi kairo.

Ibnu Khaldun pernah menulis beberapa buku tentang searah, matematika, mantiq, dan tasawuf, namun yang paling terkenal dari bubku-buku itu adalah bukunya di bidang sejarah yang berjudul al-Ibar wa Diwan Al-Mubtada wa Al-Khabar fi Asyyam al-Arab wa Al-Barbar wa Man Asharahum min Dzawi As-Sulthan Al-Akbar. Buku ini terdiri dari tujuh jilid; diawali dengan Al-Muqaddimah (jilid 1) yang merupakan cikal bakal ilmu sosiologi, dan di tutup dengan sebuah fasal tentang autobiografinya. Al-Muqaddimah  dan beberapa jilid dari Al-Ibar pernah diterjemahkan kedalam bahasa-bahasa Eropa, seperti Prancis dan lain sebagainya.


(Di Sadur dari buku Ibnu Khaldun Sang Maha Guru karya Bensalem Himmish)

- 6/12/2017

ubaidillah

Perkenalkan nama saya Acep Firmansyah. Saya senang menulis berbagai hal mengenai aktivitas pribadi, isu-isu terkini, dan berbagai hal lainya. Terimakasih sudah berkunjung . Semoga teman-teman bisa mengambil manfaat.

No comments:

Post a Comment